Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi

Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi
Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi

Dikenal sebagai salah satu keajaiban di dunia, colosseum Roma Italia tidak kalah menarik sebagai destinasi wisata di sana. Berkunjung ke sini bukan hanya untuk rekreasi, namun menghargai sejarah di balik kisah serta pembangunannya yang berkaitan dengan Italia.

Bentuknya unik, melingkar dan tinggi sekilas seperti bangunan usang, namun tetap lestari karena dijaga dengan baik. Kisah panjang di baliknya bahkan membawa Italia menjadi salah satu negara yang ditetapkan UNESCO memiliki keajaiban dunia yang diakui orang banyak.

Bangunan kuno ini memberikan kesan mengerikan dan konon menyimpan banyak kisah misteri di dalamnya. Orang-orang Italia pada zaman dulu sepertinya termasuk yang mempercayai dewa matahari sehingga dibuatlah patung colossus yang melambangkan dewa tersebut.

Ada yang menyebutkan bahwa colosseum Roma Italia dulunya adalah teater, namun konon tidak ditemukan sejarah jelas kenapa tempat ini dinamakan colosseum. Yang jelas adalah bangunan colosseum merupakan arena gladiator tempat orang menonton pertunjukan seni.

Saking besarnya bangunan ini, konon dimulai pada pembangunan Domitianus dan baru selesai di masa pemerintahan keturunannya, Titus. Awal mula sejarah colosseum disebut sebagai bangunan mengerikan ketika terjadi bencana kebakaran besar yang menyerang Roma.

Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi
Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi

Fungsi Colosseum Zaman Dulu

Hal aneh yang dilakukan warga Italia kala peresmian colosseum Roma Italia adalah menyembelih 100 binatang buas di gladiator. Sadar akan terjadi genangan darah, seluruh orang yang hadir bersiap dengan menutupi darah menggunakan pasir agar tidak meluas.

Kesan mengerikan di koloseum sudah hadir semenjak peresmian kemudian diperkuat dengan pertunjukan yang dipertontonkan. Ketika mendengar koloseum adalah teater, hal pertama dalam benak adalah seni pertunjukan yang indah, romantis, bermakna, dan seterusnya.

Sayangnya, orang-orang Italia justru lebih menggilai pertunjukan yang melibatkan nyawa dan darah bercucuran. Di tempat ini hewan buas akan diadu dengan para narapidana hingga satu diantaranya tewas. Alih-alih seram, orang-orang justru akan bersorak menyukai pertunjukan.

Aneh tapi nyata, faktanya apa yang terjadi di colosseum Roma Italia dulu justru membawa tempat ini menjadi salah satu keajaiban dunia yang harus dilestarikan. Barangkali UNESCO ingin kita menghargai sejarah bagaimanapun warna-warni kisah di balik sebuah tempat.

Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi
Colosseum Roma Italia Berdiri Sejak Sebelum Masehi

Struktur Bangunan Koloseum

Jika diukur, bangunan koloseum secara keseluruhan mencapai 2 sampai 5 hektar atau 188 meter panjangnya, 156 meter lebarnya, dan 48 meter tingginya. Bangunan ini sengaja dibuat sedemikian besar karena untuk menampung seluruh warga Roma Italia pada masanya.

Selayaknya menonton pertandingan bola di stadion, Anda akan menemui struktur tempat duduk yang berundak-undak. Hal itu pula yang terdapat pada bangunan di Roma Italia ini. Colosseum Roma Italia tidak hanya memberikan struktur tempat duduk tanpa makna bagi penonton.

Konon, dibentuknya struktur tempat duduk seperti itu dengan pertimbangan pemisahan antara golongan yang satu dan lainnya. Orang-orang Italia pada zaman dulu memegang teguh derajat seseorang dibedakan dari status sosial dan kekayaan ketika hidup di dunia.

Pada bangunan ini akan nampak jelas tempat duduk keluarga raja di bagian tengah agar bisa menonton pertunjukan dengan jelas. Tidak hanya keluarga raja, para senator juga diberikan ruang yang cukup luas agar puas menyaksikan pertarungan tanpa harus berdesak-desakan.

Hingga saat ini colosseum masih berdiri dan entah apakah aroma darah masih tercium atau tidak. Terlepas dari itu semua, colosseum Roma Italia nyatanya sudah ditetapkan sebagai keajaiban dunia dan layak dihargai sebagai bangunan yang menyimpan sejarah Italia.