Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun

Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun
Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun

Identik dengan alam gurun, piramida Mesir merupakan salah satu keajaiban dunia yang harus dilestarikan. Di belakang pembangunan tempat ini tentu terdapat sejarah panjang mengenai orang-orang Mesir yang hidup di zaman lampau hingga bisa diingat di zaman ini.

Piramida di Mesir ini dikenal dengan dua penamaan, yakni piramida giza atau juga piramida khufu. Kabarnya, bangunan lama ini merupakan makam firaun keempat yang pernah berkuasa di sana. Pembangunannya diperkirakan sudah ada semenjak 2560 sebelum masehi.

Khufu sepertinya memiliki makna raja, karena di bangunan ini terdapat dua kuil dengan tujuan penghormatan terhadap firaun. Di sisi lainnya terdapat 3 buah piramida yang berukuran lebih kecil dan digadang-gadang sebagai makam para istri firaun saat berkuasa.

Di samping berbagai piramida itu ada juga makam-makam lainnya yang dikabarkan merupakan makam para bangsawan serta kerabat lainnya. Sampai saat ini piramida mesir selalu menjadi destinasi wisata menarik dan ingin dikunjungi wisatawan terutama mancanegara.

Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun
Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun

Penelitian Terhadap Piramida Giza di Mesir

Sudah sekitar 4000 tahun piramida mesir ini berdiri dan tetap konsisten memberikan nilai sejarah kehidupan Mesir di masa lampau. Banyak orang penasaran dengan ada apa saja di dalam tempat tersebut. Untungnya, kini teknologi sudah menjawab keingintahuan kita.

Konon, tahun 2017 silam ada seorang peneliti dari Perancis yang menciptakan robot dan membuat robot tersebut masuk lebih dalam ke piramida. Tim peneliti internasional membuka hasil bahwa terdapat ruangan rahasia yang amat luas dan tidak diketahui apa fungsinya.

Barangkali memang dari zaman dulu manusia sudah hidup dengan pemikiran maju, hanya saja teknologi tidak ada untuk mengeksposnya. Tidak sedikit peneliti yang bahkan terkejut dengan apa yang ditemukan di dalam piramida. Baik itu luasnya maupun isi di dalamnya.

Mesir bisa dikatakan sebagai negara yang memiliki sejarah panjang kehidupan manusia. Tidak heran jika bangunan piramida mesir menyimpan banyak hal misterius bola gelinding yang menarik keingintahuan para ilmuwan serta orang biasa untuk menggali lebih dalam terkait bangunan bersejarah tersebut.

Penelitian sepertinya belum akan selesai karena tidak menutup kemungkinan ada hal yang luput. Perbaikannya bisa dilakukan di tahun-tahun selanjutnya oleh ahli.

Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun
Situs Bersejarah Piramida Mesir yang Ada Sejak Zaman Firaun

Tujuan Dibangunnya Piramida di Mesir

Piramida mesir ini dibangun atas perintah raja atau firaun yang berkuasa pada masanya. Ketika perintah raja sudah turun maka dapat dipastikan jelas ada maksud di balik pembangunan tersebut. Salah satunya merupakan simbol keagungan sang raja yang berwenang.

Keagungan raja tidak hanya terasa di saat ia masih hidup, namun juga kental terasa ketika ia sudah meninggal. Setidaknya ini yang barangkali diinginkan firaun ketika membangun tempat ini sebagai makamnya dan dikelilingi oleh para istri serta makam para pengikutnya.

Terlepas ada atau tidaknya alasan logis kenapa bentuk piramida segitiga, konon orang Mesir Kuno meyakini bahwa firaun menuju akhirat melalui perantara matahari. Untuk itu, dibangunlah piramida berbentuk demikian dan diikutsertakan juga berbagai harta firaun.

Yang unik adalah berbagai harta benda milik firaun tersebut ikut disemayamkan dengan tujuan berjaga-jaga kalau firaun membutuhkannya tatkala perjalanan ke akhirat. Barangkali piramida giza di Mesir bukan yang pertama, namun membutuhkan 80 tahun demi membangunnya.

Saat ini piramida tersebut menjadi salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan. Bukan hanya karena keunikannya, namun ada banyak sejarah di balik bangunan tersebut. Tidak heran jika tidak sedikit orang penasaran ingin tahu ada apa di dalam piramida mesir itu.